BAHAYA MAKAN JUNK FOOD SETIAP HARI

Fast food atau makanan cepat saji sering diidentikkan dengan junk food atau “makanan sampah” bukan tanpa alasan. Itu karena fast food dibuat dengan bahan murah, seperti daging berlemak tinggi, biji-biji olahan, tambahan gula dan lemak.

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa iklan junk food berkaitan dengan obesitas pada kaum milenial. Penelitian lebih lanjut juga menyatakan bahwa anak muda yang menonton lebih dari satu iklan makanan junk food selama seminggu mengkonsumsi sekitar 350 kalori tambahan dalam makanan tinggi gula, garam dan lemak.

Dilansir dari Boldsky, kita akan membahas mengapa junk food tidak sehat dan kerugian yang bisa didapatkan dari junk food.

1. Mengganggu Sistem Ingatan

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang sehat yang makan junk food selama lebih dari lima hari maka akan berdampak buruk pada hati, kecepatan dan sensitivitasnya. Jika terus dilanjutkan makan junk food selama lima hari bisa semakin memperburuk ingatan Anda. Ini disebabkan, karena pola makan yang buruk dapat menyebabkan reaksi kimia tertentu yang menyebabkan peradangan di otak, yang berhubungan dengan ingatan.

2. Tidak Bisa Mengontrol Nafsu Makan

Junk Food (Jagran)

Terlalu banyak konsumsi lemak jenuh yang ditemukan dalam makanan olahan dan makanan yang digoreng dapat membuat otak sulit untuk memproses seberapa nesar rasa lapar dan apa yang telah Anda makan. Untuk mengembalikan berfungsinya otak, maka dosis harian asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 sangat diperlukan. Kekurangan dalam dua asam lemak ini dapat menyebabkan masalah yang berhubungan dengan otak dan makan berlebihan.

3. Meningkatkan Risiko Demensia

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kelebihan asam lemak dan manisan dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh secara substansial. Semakin tinggi tingkat insulin dalam tubuh, semakin banyak otak berhenti merespons hormon ini dan menjadi resisten terhadapnya. Ini membatasi kemampuan untuk mengingat atau berpikir, sehingga menciptakan risiko demensia.

 

4. Dapat Menyebabkan Depresi

Junk food (eatthis)

Mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan gula mengubah aktivitas kimia otak dan ini dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk mengatasi stres, dan itu akan membuat Anda tertekan. Makan terlalu banyak makanan junk food juga dapat membuat tubuh Anda kehilangan nutrisi penting seperti tryptophan asam amino. Kekurangan asam amino ini dapat meningkatkan perasaan depresi.

5. Tidak Sabaran dan Keinginan yang Tidak Terkendali

Junk food dipenuhi dengan karbohidrat olahan, yang mengubah tingkat gula darah Anda. Jika kadar gula Anda sangat rendah, itu dapat menyebabkan kecemasan, kelelahan, dan kebingungan. Kandungan lemak dan gula yang tinggi dalam junk food akan membuat Anda makan terlalu cepat dan juga membuat makan berlebihan hanya untuk memuaskan hasrat Anda.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai